Kekurangan Penanaman Teknik Hidroponik

Pernahkan anda mempunyai keinginan untuk bercocok tanam? Kendala apa yang biasanya anda hadapi jika ingin bercocok tanam? Salah satu alasan yang biasa digunakan oleh orang ketika mengurungkan niatnya untuk bercocok tanam adalah ketidakadaan lahan. Kita selalu berfikir untuk bercocok tanam dibutuhkan lahan yang luas. Namun tahukan anda sebenarnya anda dapat bercocok tanam dengan hanya menggunakan bolot plastik ataupun ember kecil saja. Teknik seperti ini disebut sebagai teknik penanaman hidroponik.

Hidroponik adalah salah satu teknik menanam taman dengan menggunakan media lain selain tanah, sehingga dengan teknik hidroponik ini tidak diperlukan lahan yang sangat luas. Media tanah yang selalu menjadi tempat utama menanam tanaman dapat diganti dengan media lain seperti air, arang sekam, bubuk gergaji, pasir, batu kerikil atau beberapa media lain. Karena pada prinsipnya hidroponik adalah menanam tanaman dengan memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut. misalkan jika kita menggunakan air maka kita harus memastkan air tersebut selalu mengalir dan berputar menghantarkan nutrisi bagi tanaman kita jika tidak maka akan terjadi kekurangan nutrisi dan mengakibatkan tanaman yang kita tanam tidak akan berkembang dengan baik. Menanam tanaman dengan hidroponik dapat dilakukan dalam beberapa tempat, berikut adalah beberapa tempat yang bisa kita gunakan untuk menanam hidroponik seperti pipa paralon, botol plastik air mineral bekas, gelas plastik bekas air mineral, ember plastik bekas atau apapun yang dapat menampung media tanam. Namun dibalik segala kelebihan tersebut, hidroponik juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah :

  • modal awal yang relatif mahal, jika kita ingin membuat hidroponik set yang terbuat dari pipa paralon anda harus mengeluarkan biaya yang cukup menguras kantong. Walaupun biaya tersebut hanya dikeluarkan sekali saja.
  • Perawatan dan pemeliharaan perangkat hidroponik memerlukan ketelatenan dan keterampilan yang harus dilatih sehingga membuat sebagai orang berpendapat merawat hidroponik menjadi agak sulit.
  • Jika terjadi pemadaman aliran listrik maka seluruh tanaman tersebut akan layu dan mati, karena sirkulasi air tidak dapat mengalir.
  • Tanam yang ditanam dalam satu kali tanam biasanya relatif sama atau sejenis dan tidak dapat divariasikan.

Namun kekurangan – kekurangan hidroponik tersebut dapat diminimalisir jika anda memang berniat untuk menanam tanaman sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *