Tingkat Tumbuh Kembang Anak Usia 1-5 Tahun

Seorang Ibu tentunya akan merasa bangga jika buah hatinya tumbuh sehat dan cerdas. Untuk tumbuh sehat dan cerdas, si kecil membutuhkan perhatian yang baik dari kedua orang tuanya. Nah, untuk Bunda sendiri, Bunda bisa mendukung si kecil menjadi anak yang sehat dan cerdas dengan cara memeberikan asupan gizi yang baik dan seimbang, seperti buah-buahan sayuran dan juga susu. Namun, tidak cukup di sana. Bunda juga harus mengetahui tingkat tumbuh kembang anak agar Bunda bisa mengetahui pertumbuhan dan perkembangan si kecil baik atau tidak. Nah berikut akan dijelaskan di sini dari usia 1-5 tahun.

  • 12-18  bulan.

Pada fase tersebut si kecil sudah mulai bisa berdiri dan berjalan tanpa bantuan dari orang lain. Bunda tentu harus terus mengawasinya karena si kecil bisa saja dalam bahaya jika tanpa ada yang mengawasinya.

  • 18-24 Bulan

Si kecil pada fase ini sudah semakin lincah. Ia sudah bisa berlari, jongkoh, bahkan bermain dengan benda-benda disekitarnya. Agar Bunda bisa mengawasinya dengan mudah, sebaiknya Bunda memberikannya mainan seperti Bola ataupun boneka bagi perempuan. Selain itu, Ia juga mulai bisa makan dan minum sendiri, mendorong benda yang tidak berat, dan lain-lain.

  • 2-3 tahun

Si kecil sudah mahir berjaln ataupun berlari, bahkan ia pandai menaiki dan menuruni tangga. Si kecil juga mulai bisa mengayuh sepeda roda tiga. Pada fase ini Bunda harus ekstra hati-hati karena si kecil bisa melakukan apa saja sesuai yang ia inginkan. Jauhi benda-benda bahaya disekitarnya. Sebaiknya ibu, memberikan pensil dan kertas agar si kecil bermain dan mulai mencorat-coret kertas. Hal ini dapat membantu perkembangannya.

  • 3-5 tahun

Si kecil sudah mahir dalam melakukan apa yang dilakukannya di fase sebelumnya. Pada usia ini sebaiknya Bunda mulai memberikan pendidikan seperti membaca dan berhitung.

Dengan mengetahui tingkat tumbuh kembang anak, Bunda akan lebih memahami keadaan si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *