Faktor-Faktor Penyebab Rambut Berminyak 

rambut berminyakPada sebagian dari kita mungkin banyak yang memperhatikan adanya rambut yang mudah sekali berminyak atau ada pula yang tidak. Adanya rambut berminyak tentu membuat tampilan menjadi kurang menarik karena bisa mengakibatkan rambut yang menjadi mengkilap, kusam, lepek dan juga menimbulkan ketombe. Adanya rambut berminyak sebenarnya bisa di atasi dengan mudah salah satunya dengan mengetahui apa saja yang menjadi faktor penyebabnya.

Dengan anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebab rambut berminyak maka dalam mengatasinya akan menjadi lebih mudah. Lalu apa saja yang menjadi penyebab atau faktor-faktor dari adanya rambut berminyak berikut ini diantaranya.

  1. Kelenjar minyak yang banyak. Faktor adanya kelenjar minyak yang berlebih atau banyak pada kepala bisa menjadi penyebab awal dari adanya rambut berminyak adanya kelenjar ini membuat produksi minyak menjadi lebih banyak pada kulit kepala.
  2. Pengaruh hormon. Adanya minyak pada kepala dihasilkan oleh hormon yang bernama androgen. Jika pada kulit kepala seseorang mempunyai kadar pada hormon androgen yang banyak maka produksi akan minyak juga semakin meningkat. Penyebab dari meningkatnya hormon androgen ini juga berbeda misalnya bagi mereka yang sedang mengkonsumsi suplemen hormonal untuk meningkatnya masa otot. Pada kasus lain wanita yang sedang haid atau menstruasi dan yang sedang mengkonsumsi pil kb juga bisa menyebabkan meninggkatnya hormon androgen ini.
  3. Faktor keturunan. Bagi mereka yang mempunyai riwayat keturunan yang juga sama memiliki minyak berlebih pada rambut maka kemungkinan besarnya juga akan mengalami. Orang tua seperti ayah atau ibu yang rambutnya berminyak akan lebih besar untuk kemungkinan anaknya juga memiliki rambut berminyak.
  4. Menggunakan kondisioner. Penggunaan kondisioner yang berlebihan pada akar rambut juga bisa menyebabkan rambut menjadi mudah berminyak, sehingga untuk menggunakannya cukup hanya pada ujung rambutnya saja.
  5. Konsumsi makanan yang berminyak. Berbagai makanan yang berlemak seperti gorengan, bersantan, atau yang memiliki kadar lemak tinggi juga bisa membuat rambut menjadi mudah berminyak. Apalagi jika kondisi pada rambut sudah berminyak akan membuat produksi minyak menjadi semakin banyak dengan  mengeluarkannya pada pori-pori seperti pada kulit kepala anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *