SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING DALAM PUBLIC RELATIONS

SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING DALAM PUBLIC RELATIONS

Strategi komunikasi pr sebagai fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut. Segmentasi masyarakat yang paling dianggap penting oleh perusahaan adalah kelompok sebagai pemangku kepentingan perusahaan tersebut (stakeholders). Setiap kelompok stakeholder utama memiliki karakteristik, kebutuhan dan harapan yang berbeda, dan berkemungkinan mengkonstruksi citra yang berbeda-beda terhadap perusahaan.

Menggabungkan proses penciptaan dan penyampaian nilai kepada konsumen dalam bentuk yang disebut Segmenting, Targeting, Positioning. Segmenting atau segmentasi pada dasarnya adalah suatu strategi untuk memahami struktur pasar. Sedangkan Targeting adalah persoalan bagaimana memilih, menyeleksi, dan menjangkau pasar. Bagaimana anda menyeleksi pasar sangat ditenttukan oleh bagaimana anda meilhat pasar itu sendiri. Dengan demikian pasar yang dilihat oleh dua orang berbeda, yang didekati oleh metode segmentasi yang berbeda akan menghasilkan peta yang berbeda pula. Oleh karena itulah penting dipahami struktur-struktur atau kelompok-kelompok yang ada di pasar. Setelah pasar dipilih, maka proses selanjutnya adalah melakukan Positioning. Positioning pada dasarnya adalah suatu strategi untuk memasuki jendela otak konsumen. Positioning biasanya tidak menjadi masalah dan tidak dianggap penting selama barang-barang yang tersedia dalam suatu masyarakattidak begitu banyak dan persaingan belum menjadi sesuatu yang penting. Positioning baru akan menjadi peting bilamana persaingan sudah sangat sengit.

SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING DALAM PUBLIC RELATIONS

Segmentasi disebut sebagai mapping strategy, karena di sini kita melakukan pemetaan pasar. Pemetaan ini merupakan proses yang kreatif, karena pasarnya sebenarnya sama, namun cara pandang kita terhadap pasar itulah yang membedakan kita dengan pesaing. Targeting didefinisikan sebagai cara mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efektif, yaitu dengan memilih target market yang tepat. Targeting disebut sebagai fitting strategy karena kita menyamakan (fitting) sumber daya perusahaan Anda dengan kebutuhan target pasar yang dipilih. Dan unsur terakhir dari Strategy adalah Positioning. Setelah memetakan pasar, dan menyesuaikan sumber daya perusahaan Anda dengan segmen yang dipilih, maka kemudian Anda harus memiliki Strategi komunikasi pr yang kredibel dalam benak mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *