Cara Menghitung Usia Kehamilan Dalam Minggu dengan Kalender

cara menghitung usia kehamilan dalam minggu
cara menghitung usia kehamilan dalam minggu

Sangat penting bagi wanita yang sedang hamil untuk mengetahui usia kandungan yang sedang dialaminya, karena hal tersebut dapat membantu untuk mengetahui perkembangan serta pertumbuhan janin di dalam kandungan. Selain itu, para Ibu hamil juga dapat lebih mengerti apa – apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dikerjakan serta makanan yang baik untuk dikonsumsi pada usia – usia tertentu di masa kehamilan.

Akan tetapi, sebagian Ibu hamil masih ada yang keliru dan berbeda perhitungan dengan ahli kandungan mengenai usia kehamilan. Untuk itu, penting untuk anda mengetahui cara menghitung usia kehamilan dalam minggu agar anda lebih mengerti penjagaan dan hal apa saja yang baik untuk dikerjakan serta dapat mengetahui bagaimana seharusnya pertumbuhan janin sesuai dengan tahapan usianya.

Salah satu cara menghitung usia kehamilan adalah dengan hitungan kalender, di mana cara tersebut merupakan cara alami dan banyak digunakan baik oleh para wanita hamil maupun oleh bidan saat memeriksa pertama kali kandungan anda. Pada umumnya bidan akan bertanya kapan terakhir anda datang bulan, dan akan dilanjutkan dengan menghitung berdasarkan kalender minggu dan bulan.

Cara paling klasik dan umum ini dapat dilakukan dengan terlebih dulu anda harus mengetahui kapan tepatnya anda terakhir datang bulan. Selain itu, terdapat rumus untuk menghitungnya, rumus tersebut disebut dengan Naegele. Cara menghitung usia kehamilan Naegele ditambah 7, lalu bulan haid dikurangi 3, serta pada tahun ditambahkan angka 1. Rumus tersebut tampak sederhana, namun dapat diterapkan bagi mereka yang mengalami siklus menstruasi yang teratur.

Contoh perhitungan sebagai cara menghitung usia kehamilan dalam minggu dengan hitungan kalender yaitu dirumuskan dengan haid pertama haid terakhir (HPHT)-7 dan bulan HPHT-3 dan ditambah satu pada tahunnya. Apabila bulan tidak bisa dikurangi dengan angka 3 maka rumus dirubah menjadi 9, akan tetapi tahunnya tidak perlu digunakan. Demikian cara yang dapat anda lakukan untuk mengetahui usia kehamilan, khususnya usia kehamilan dalam minggu. Dengan mengetahui usia kehamilan tersebut, anda tentu lebih mengetahui pertumbuhan dan perkembangan janin tiap minggunya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *