Formatif Research dan Strategi Komunikasi

strategi komunikasi

Supaya tujuan bisa tercapai maka tentunya sangat dibutuhkan sekali yang namanya strategi yang sangat tepat sekali supaya sesuai dengan yang kita harapkan. Begitu juga dengan kegiatan PR yang tentunya sangat membutuhkan sekali sebuah strategi komunikasi  di dalam menjalankan pekerjaan. Strategi tersebut tentunya harus dapat dipahami oleh setiap bagian-bagiannya dari semua divisi di dalam sebuah perusahaan. Ada beberapa langkah yang ditetapkan untuk sebagai strategi komunikasi public relation.

Fase pertama di dalam sebuah proses perencanaan strategi menurut smit yaitu sebuah riset formatif atau pun riset strategi yaitu sebuah kegiatan tentang pendahuluan yang akan kita lakukan untuk bisa mendapatkan sebuah informasi dan juga dapat menganalisa situasi yang akan kita hadapi. Di dalam fase seperti ini terdapat tiga tahap yaitu analisis situasi, organisasi dan juga analisis publik.

Menganlisa situasi yaitu bagian yang sangat penting sekali sebagai proses awal untuk dapat menentukan tentang strategi, dimana setiap tahapan akan digunakan untuk dapat mengumpulkan semua informasi dan juga sekaligus dapat menganalisa sebuah situasi.

strategi komunikasi

Pada tahapan menganalisa ogranisasi tentunya sangat diperlukan sekali pengamatan yang sangat tepat sekali terhadap tiga aspek sebuah perusahaan yaitu lingkungan internal, reputasi serta lingkungan eksternalnya.

Menganalisa publik yaitu sebuah tahapan untuk dapat mengidentifikasi dan juga dapat menganalisa publik yang menjadi sasaran. Hal ini tentunya akan membuat sebuah perusahaan akan mampu untuk dapat mengatur prioritas di dalam berhubungan dengan publiknya yang sangat beragam.

Strategi komunikasi public relation adalah jantung dari sebuah perencanaan PR atau pun pasaran dan bidang yang lainnya yang tentunya saling berkaitan. Strategi yaitu keseluruhan rencana sebuah organisasi, meliputi apa yang ingin kita capai dan juga bagaimana cara untuk dapat mencapainya. Strategi ini mempunyai tiga tahapan yaitu dapat menetapkan tujuan dan juga sasaran, memformulasikan aksi serta strategi respon dan kemudian menggunakan komunikasi yang efektif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *