Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Mandiri

cara mengetahui usia kehamilan

Biasanya untuk mengetahui usia kehamilan banyak yang melakukannya dengan bantuan pada dokter, bidan ataupun lainnya yang ahli dalam bidang medis. Tapi  cara mengetahui usia kehamilan pun juga bisa dilakukan dengan mandiri selain dengan bantuan dari dokter atau pun bidan. Ini pun bisa dilakukan tanpa adanya bantuan dari dokter dan bidan.

Cara menghitung usia kehamilan dengan mandiri ini perlu juga untuk diketahui dan juga dipahami. Agar para ibu hamil bisa mengetahui pertumbuhan dan perkembangan dari janin yang ada dalam perut. Selain itu juga dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh janin, apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Dan juga dengan begitu ibu juga akan dapat mengetahui kapan jadwal dari pemeriksaan. Berikut cara mengetahui usia kandungan dengan cara mandiri :

  1. Dengan metode HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir)

Untuk menghitung usia kehamilan bisa dilakukan dengan metode HPHT, cara ini bisa dilakukan dengan cara mandiri. Karena metode ini yang menjadi dasar perhitungan adalah siklus haid yang dialami. Bagi yang haidnya memiliki siklus yang teratur, dalam menghitung usia kehamilan bisa dilakukan dengan HPHT. Cara melakukan metode ini adalah menambahkan 7 pada hari pertama haid dari hari terakhir. Selanjutnya pada bulan kurangi dengan 3, sedangkan pada tahun ditambah dengan.

      2. Metode tinggi puncak rahim

Ini adalah salah satu cara menghitung usia kehamilan dengan cara mandiri. Metode ini hanya menghitung tinggi puncak rahim dengan cara meraba puncak rahim yang terlihat menonjol. Cara melakukan metode ini dengan cara menghitung jarak dari tulang kemaluan hingga puncak rahim. Alat yang digunakan untuk metode ini sangatlah sederhana, hanya menggunakan dua jari tangan. Setiap dua jari yang ditunjukkan memiliki arti bahwa usia kehamilan bertambah 2 minggu. Apabila puncak rahim sudah berada pada atas pusar, maka kenaikan yang ditunjukkan oleh jari sudah menunjukkan pertambahan usia 4 minggu.

Berikut tadi beberapa cara menghitung usia kehamilan yang dapat dilakukan dengan cara mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *