Inilah Cara Mengajari Anak Menulis Paling Sederhana

Seiring perkembangan usianya, anak harus menguasai banyak hal seperti membaca, menulis dan berhitung. Ketiganya merupakan kemampuan dasar yang wajib dikuasai buah hati di masa sekolahnya. Namun jika usianya masih belum cukup untuk anak belajar membaca dan menulis maka anda tidak boleh memaksakan kemampuan tersebut, karena pelajaran membaca dan menulis baru bisa anda ajarkan di usia 6 tahun, yakni usia Sekolah Dasar.

Namun sejak dini anda harus mendukung tumbuh kembang otak dan fisik buah hati dengan asupan makanan dan minuman dengan kandungan gizi tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya, seperti susu Dancow yang akan mendukung tumbuh kembang buah hati. berikut ini kami akan paparkan cara mengajari anak menulis secara sederhana.

Inilah Cara Mengajari Anak Menulis Paling Sederhana

  • Mulai dengan melatih cara memegang pensil

Pensil merupakan alat tulis yang paling tepat untuk anak belajar menulis, bukan bolpoin. Cara memegang pensil yang benar bisa dicontohkan dengan baik oleh orang tua, yakni dengan meemgang bagian pensil dengan ibu jari dan telunjuk, dan ketiga jari lainnya berada di belakang telunjuk mengikuti arah tangan. Berikutnya tentukan jarak antara jari tangan dengan bagian ujung pensil, dan tekanan dari pensil ke kertas tidak perlu terlalu kuat namun juga tidak lemah.

  • Belajar menulis sesuai garis kertas

Jenis kertas paling tepat untuk anak belajar menulis adalah kertas bergaris. Untuk tulisan biasa, anda bisa memilih kertas yang memiliki dua garis yang berurutan sebagai tanda untuk memulai menulis huruf besar dan huruf kecil. setelah itu ajari buah hati untuk mengetahui titik menulis huruf besar dan huruf kecil. setelah si kecil paham, maka anda bisa mengajarkannya menulis dengan huruf sejajar. Jika ada huruf yang miring atau tidak rata maka anda bisa menyuruhnya menghapus huruf yang salah dan mengulanginya lagi sampai anak menulis huruf sesuai garis.

  • Mulai dari satu huruf

Cara mengajari anak menulis yang benar adalah secara pelan atau lambat. Anda bisa mengajarkan buah hati menulis satu huruf yang sama dalam selembar kertas, ulangi hingga anak mampu menulis satu huruf dengan rapi. Berikutnya anda bisa melanjutkan pada huruf yang lain sampai semua huruf dapat dipraktekkan dengan baik.

Itulah tiga cara mengajari anak menulis dengan cara yang sederhana, selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *