Idenya Mac Gyver

Persiapan Kuliah Broadcasting di International Design School

kuliah broadcasting

Broadcasting bukanlah menjadi hal yang asing lagi, seiring berkembangnya industri penyiaran menjadikan ilmu broadcast sangat menjanjikan untuk dipelajari dan dipilih banyak orang sebagai jalur karir mereka. Anda menjadi salah satu orang yang tertarik untuk mendalami boardcasting? Terdapat beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelum mulai terjun ke dunia ini.  

Berikut beberapa hal penting yang harus anda persiapkan untuk kuliah broadcasting.

kuliah broadcasting
kuliah broadcasting
  1. Mental. Jika anda bukan termasuk orang yang siap stress dan menghadapi banyak tekanan, pikirkanlah kembali untuk memasuki dunia broadcasting. Dalam dunia broadcasting, mental yang kuat sangatlah dibutuhkan untuk menjadi seorang profesional yang handal. Pengasahan mental ini dimulai saat anda kuliah, dari mulai tugas-tugas kuliah baik praktik maupun teori hingga tenaga dan materi. Anda harus kuat jika mendapatkan cacian dari produser karena telat mengumpulkan naskah, atau narasumber yang membatalkan janji untuk tampil di acara anda, atau bisa jadi anda nanti diharuskan untuk menyelesaikan editing beberapa jam sebelum preview. Itu sebagian contoh kecil saja, masih banyak hal lain yang akan menguji mental anda  saat berkuliah di jurusan broadcast ini.
  2. Belajar sistem 24 jam. Bekerja dalam dunia broadcasting itu tidak teratur seperti office hour, kerja seorang broadcaster hampir selama 24 jam. Tidak berbeda dengan dunia kerja nyata, kuliah broadcasting juga akan memperkenalkan sistem kerja yang menyerupai profesional selama 24 jam. Tujuannya tidak lain untuk melatih dan menghasilkan broadcaster yang profesional. Anda mungkin nanti mengalami gangguan jadwal tidur atau jadwal makan dikarenakan tugas kuliah yang mengharuskan anda menyelesaikan tugas teori atau pun praktik.
  3.  Sosialisasi dan kemampuan kerja tim. Ini adalah hal yang penting dalam broadcasting yakni kerja tim. Anda yang sering atau senang bekerja individual, lupakanlah kerja indvidu karena dalam broadcasting kita tidak boleh mengabaikan kerja tim. Meskipun anda menjalankan tugas sendiri, tapi tugas yang anda kerjakan itu berkaitan satu sama lain dengan tugas yang orang lain kerjakan. Tugas masing-masing individu dalam satu tim sangatlah penting sehingga kekompakkan sangatlah diperlukan. Belajar  bergaul dan bersosialisasi dengan teman-teman dan masyarakat sangat penting untuk dilakukan karena nantinya anda akan terjun dalam masyarakat.