Idenya Mac Gyver

Alasan Mengapa Harus Mengganti Oli Motor Secara Rutin

Alasan Mengapa Harus Mengganti Oli Motor Secara Rutin

Bagi para pengendara motor, melakukan perawatan terhadap mesin dan komponen-komponen di dalamnya sangatlah penting. Melakukan service berkala atau pun perawatan-perawatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah, termasuk pergantian oli motor secara rutin dan berjangka, wajib dilakukan. Hal ini dengan maksud agar mesin selalu dapat digunakan dan dalam kondisi yang prima saat memakainya.

Memiliki motor bukan hanya sekedar gengsi dan gaya-gayaan semata. Bahkan bagi sebagian orang, kendaraan sangat dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Maka merawat kendaraan bermotor sangatlah penting, selain demi kelancaran saat menggunakan, juga agar motor Anda dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Namun tidak jarang, pemilik kendaraan sering melupakan untuk melakukan pergantian oli motor. Padahal, demi kinerja mesin yang maksimal, hal ini patut dilakukan secara berkala dan rutin.

Alasan Mengapa Harus Mengganti Oli Motor Secara Rutin

Fungsi oli mesin motor sendiri yang utama adalah sebagai pelumas bagi komponen-komponen yang berada di dalam kendaraan agar tidak terjadi gesekan atau benturan keras pada saat pembakaran. Selain itu juga, dengan pemberian oli mesin, hal ini dapat menghindari terjadi mesin aus yang terlalu cepat. Tidak jarang juga, mesin bisa saja terjadi pengaratan yang akan merusak kemampuan mesin, dengan oli motor, hal ini akan mampu melindungi mesin dari beringgungan langsung dengan udara dan air yang dapat menyebabkan mesin berkarat.

Mengapa Anda harus mengganti oli motor secara berkala?

Hal ini tentu saja berhubungan dengan fungsi dari pelumas motor itu sendiri yang bertujuan untuk menjaga performa motor dan merawat mesin-mesin yang ada di dalamnya. Selain itu, dengan melakukan pergantian oli secara berjangka dan rutin, akan dapat merendam mesin motor kamu agar tidak cepat panas.

Pada saat mengendarai motor, akan selalu terjadi pembakaran yang membuat mesin cepat panas. Jika oli motor dibiarkan dan tidak diganti, hawa panas akan membuat mesin cepat rusak. Semua mesin ataupun elektronik, jika mengalami panas yang berlebihan tanpa ada peredam yang membuatnya menjadi dingin, akan membuat mesin-mesin tersebut cepat mati dan tidak berfungsi lebih cepat dari pada waktunya.

Melakukan pergantian oli mesin secara rutin adalah bentuk dari pencegahan dan memperpanjang usia mesin kendaraan Anda. Namun perlu diketahui, jangan sembarangan memilih oli mesin untuk kendaraan Anda. Gunakanlah mesin yang telah dianjurkan atau bisa juga mesin yang dipercaya ketangguhannya, seperti rangkaian produk oli mesin dari TOP 1.