Idenya Mac Gyver

Penyebab dan Cara Mengatasi Ibu Hamil Yang Mengalami Masuk Angin

Kesehatan ibu hamil

Kehamilan merupakan masa-masa dimana tubuh seorang ibu rentan terkena penyakit, salah satunya seperti masuk angin. Kesehatan ibu hamil yang sedang down karena masuk angin biasanya ditandai dengan meriang, demam, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, badan terasa tidak nyaman, perut kembung dan bahkan seringkali muntah. Hal tersebut pastinya tidak baik untuk ibu hamil karena menghambat pasokan nutrisi untuk janin didalam kandungan akibat nafsu makan yang menurun.

Oleh karena itu saat masuk angin dan gangguan kesehatan lainnya ada baiknya bila ditangani dengan baik dan benar sehingga tidak akan memberikan dampak negatif untuk perkembangan janin didalam kandungan. Disaat seperti itu, memilih obat masuk angin pastinya harus diperhatikan dengan hati-hati, karena tidak baik untuk ibu hamil  mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia, selain berbahaya untuk kesehatan ibu hamil itu sendiri dan untuk janin pastinya.

Oleh sebab itu Ibu harus memperhatikan penyebab masuk angin dan cara mengatasinya. Berikut ini beberapa penyebab masuk angin dan cara mengatasinya yang dapat Ibu menjadi referensi, diantaranya adalah:

Kesehatan ibu hamil

Penyebab Masuk Angin

1. Perubahan pada rahim

Biasanya trimester pertama adalah masa-masa dimana Ibu hamil merasakan mual yang sangat luar biasa, bahkan tidak jarang penyebabnya adalah masuk angin. Kondisi ini dikarenakan endometrium akan menjadi lebih tebal daripada sebelum masa kehamilan. Penebalannya ini menyebabkan darah yang menuju ke area rahim menjadi lebih banyak. Bila demikian, maka rahim akan membengkak. Dan pembengkakan tersebut secara tidak langsung akan menekan bagian bawah perut dan menciptakan kondisi kembung seperti masuk angin pada sistem pencernaan.

2. Masalah sembelit

Sembelit ternyata juga merupakan salah satu penyebab masuk angin, ibu hamil baik muda maupun tua biasanya mengalami sembelit. Itu dikarenakan ibu hamil yang kurang serat bila demikian hormon progesteron akan tercipta lebih banyak. Membuat otot menjadi lebih lemah, sehingga pencernaan menjadi lebih lambat. Sembelit inilah yang menyebabkan perut kembung karena gas yang terjebak dalam sistem pencernaan yang lebih lambat.

3. Perubahan berat badan

Ibu, jangan salah ternyata perubahan berat badan juga bisa menjadi pemicu masuk angin ketika hamil. Ibu akan mengalami perubahan berat badan yang terus bertambah dari hari ke hari. Perubahan tersebut juga memicu perut kembung karena meningkatkan risiko gas berlebihan di dalam tubuh. Yang akibatnya Ibu akan sering mengalami masuk angin. Sangat disarankan untuk Ibu yang mengalami obesitas untuk mulai merencanakan Menu Diet Ibu Hamil untuk meminimalisir masuk angin.

Mengatasi Masuk Angin

  1. Istirahat yang cukup agar tidak kelelahan
  2. Perhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh
  3. Banyak minum air putih hangat
  4. Mengkonsumsi madu alami
  5. Pakai pakaian hangat, usahakan agar tubuh selalu hangat
  6. Konsultasi pada dokter, jangan pernah coba obat-obatan warung