Idenya Mac Gyver

Perhiasan Tradisional Menarik yang Ada Di Indonesia

Perhiasan Tradisional

Di Indonesia terdapat beberapa Pulau dan beragam suku serta adat istiadat yang berbeda-beda. Masing-masing Pulau di Indonesia sangat kaya dan kental dengan budaya lokal nya yang mendunia, salah satunya adalah Pulau Jawa. Di Pulau Jawa sendiri memiliki pakaian adat dan perhiasan tradisional yang tidak sama dengan daerah lainnya.

Pulau Jawa terbagi menjadi tiga wilayah, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Masing-masing wilayah tersebut memiliki keragaman budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda, termasuk pakaian dan perhiasan tradisional yang menjadi ciri khasnya. Jawa Barat, Perhiasan lokal yang menjadi ciri khasnya, seperti kalung tiga susun, gelang kuno, giwang, kelat bahu naga, kembang goyang, dan mahkota suri.

Jika Anda ingin melihat perhiasan tersebut, coba saja datang ke sebuah acara pernikahan atau upacara adat yang diadakan pada hari-hari tertentu. Perhiasan khas Jawa Barat memiliki arti dan makna yang berbeda-beda, seperti salah satunya adalah mahkota suri. Masyarakat di sana mengartikan mahkota suri sebagai lambang seorang ratu yang memiliki hati mulia dan budi pekerti yang luhur.

Jawa Tengah, Jawa Tengah memiliki jumlah penduduk paling banyak dibandingkan dengan wilayah Jawa barat dan Jawa Timur. Di Jawa Tengah sendiri memiliki ciri khas yang cukup unik dari jenis perhiasannya.

Umumnya, perhiasan lokal di Jawa Tengah terbuat dari bahan logam dan perak. Perhiasan tersebut di antaranya adalah cunduk mentul dan cunduk sisir untuk melengkapi konde. Biasanya kedua perhiasan tersebut selalu digunakan pada acara tertentu saja, seperti upacara pernikahan atau pentas seni budaya lainnya.

Jawa Timur, Kebudayaan di Jawa Timur terpecah di dua wilayah, yakni Jawa dan Madura. Adapun perhiasan khas Jawa Timur hampir mirip padma atau bunga teratai, subang kundala, jamus urna, dan kalang hara. Sedangkan perhiasan khas Madura, yaitu berupa cucuk dinar dan cucuk sisir.

Itulah perhiasan tradisional yang menjadi ciri khas tersendiri bagi Pulau Jawa, khususnya daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa timur. Semoga ulasan ini menambah pengetahuan Anda seputar perhiasan-perhiasan lokal dan tradisional yang ada di Indonesia.