Idenya Mac Gyver

Bisakah Mengkombinasikan ASI dan Susu Pendamping?

Carapintarmam

Mam, ada beberapa alasan kenapa Mam mengkombinasikan susu pendamping dengan ASI. Beberapa alasannya bisanya adalah:

  • Kesulitan produksi ASI
  • Mam terpaksa harus meninggalkan si kecil karena alasan pekerjaan atau hal lain (dalam jangka panjang)
  • Mam menggunakan susu pendamping tapi ingin kembali mencoba ASI
  • Dsb

Perlu diingat, menggunakan susu pendamping akan mengurangi produksi ASI dan Mam juga harus menyiapkan sejumlah peralatan untuk membantu bayi menyusu lewat botol susu atau sebaliknya saat Mam ingin mencoba kembali ASI, Carapintarmam harus latihan mengenalkan cara menyusui menggunakan puting susu dan terus latihan agar ASI kembali lancar. 

Bagaimana Cara Mengkombinasikan ASI dan Susu Pendamping?

Perlu diingat jika mengkombinasikan ASI dan susu bukanlah hal yang mudah karena dari segi sensasi sampai kandungannya. Perhatikan langkah berikut ini:

Lakukan Secara Bertahap

Pertama, cobalah untuk melakukannya secara bertahap dengan menstabilkan pemberian ASI dulu. Pemberian susu pendamping pada masa-masa awal menyusui membuat tubuh Mam mengalami penurunan produksi ASI. Sangat dianjurkan bila Mam menyusui si kecil pada 4-6 minggu pertama setelah kelahiran. 

Jika Mam ingin mulai mengenalkan susu, lakukan sedikit demi sedikit agar payudara tidak mengalami mastitis. Setidaknya berilah payudara Mam kesempatan untuk beradaptasi sekitar 3-7 hari. 

Jangan Dicampur

Mengkombinasikan ASI dan susu pendamping tidak boleh dicampur. Sesuaikan jadwal dan kebutuhan Mam. Mungkin Mam bekerja di pagi sampai sore hari, Mam bisa memberikan susu pada saat Mam bekerja dan malam harinya si kecil diberikan ASI. 

Cari Waktu yang Pas

Hindari mengenalkan susu pendamping saat si kecil sedang lapar-laparnya. Pilih saat-saat yang tenang ketika mengenalkan rasa susu agar si kecil bisa membedakan. Begitu pula sebaliknya.

Baiknya Di Atas 6 Bulan

Pemberian susu pendamping akan jauh lebih mudah saat usia si kecil minimal enam bulan. Sebab, si kecil sudah mulai terbiasa dengan MPASI dan sistem pencernaan juga lebih bagus. 

Jika Mam ingin mengenalkan kembali ASI setelah sekian lama mengkonsumsi susu, berlatihlah dengan si kecil dengan mencobanya agar ia mau latihan menghisap puting. Jika ASI keluar, oleskanlah pada puting agar si kecil juga mulai terbiasa lagi dengan rasanya. Pastikan Mam tetap sabar dan jangan stres agar ASI keluar kembali.