Idenya Mac Gyver

Hubungan Endometriosis Dengan Sakit Saat Menstruasi

Sakit Saat Menstruasi

Pernahkah Anda mendengar tentang endometriosis? Endometriosis atau yang juga dikenal dengan sebutan penebalan dinding rahim adalah suatu kondisi dimana jaringan (endometrium) yang seharusnya membentuk lapisan dalam dinding rahim malah  tumbuh di luar rahim. Sebenarnya, sebelum periode menstruasi tiba, rahim akan menebal, sebagai persiapan untuk tempat menempelnya sel telur yang telah dibuahi. Jika kehamilan tidak terjadi, maka endometrium tadi akan luruh bersama darah haid. Pada endometriosis, jaringan tadi tidak luruh. Karena itulah sering terjadi nyeri dan sakit saat menstruasi yang amat sangat.

Endometriosis sebenarnya tidak terlalu mengancam, namun jika dibiarkan akan mengakibatkan berbagai keluhan dan penyakit. Misalnya kemandulan atau bahkan ancaman penyakit organ reproduksi lainnya. Beberapa ciri terjadinya endometriosis adalah nyeri dan sakit saat menstruasi yang amat sangat, darah haid yang keluar sangat banyak, dan nyeri saat buang air. Jika Anda mengalami hal tersebut, segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Sakit Saat Menstruasi

Endometriosis dapat diatasi dengan terapi hormon dan prosedur operasi. Untuk kondisi minimal dan ringan, dokter biasanya akan merekomendasikan terapi hormon. Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, penting sekali untuk mengat asi hal ini. Jika terapi hormone sudah selesai dan endometriosis telah diatasi, Anda dapat melanjutkan program hamil kembali.

Saat menjalani program kehamilan, penting juga untuk mengetahui siklus kesuburan Anda. Hal ini agar proses pembuahan terjadi pada masa yang tepat dan memperbesar kemungkinan kehamilan terjadi. Masa subur Anda dapat diketahui dengan beberapa cara, salah satunya dengan mengukur suhu basal tubuh. Saat masa subur, biasanya suhu basal tubuh akan lebih tinggi dari biasanya.

Jika Anda kesulitan, Anda bisa menggunakan Femometer. Femometer adalah aplikasi penghitung masa subur dan siklus menstruasi yang dilengkapi dengan sejenis thermometer khusus. Dengan menggunakan alat ini dan mengukur suhu tubuh di pagi hari saat baru bangun tidur, akan diperoleh hasil yang akurat. Dengan begitu program bayi Anda juga lebih besar kemungkinan berhasilnya.

Selain untuk mengukur suhu tubuh, Femometer juga berguna untuk menghitung siklus menstruasi Anda. Siklus yang tidak teratur, sakit saat menstuarasi,  serta darah yang keluar terlalu banyak bisa jadi menunjukkan masalah pada kondisi tubuh Anda. Segeralah memeriksakan diri ke dokter kandungan kepercayaan Anda.