Idenya Mac Gyver

Membedakan Perhiasan Berlian Asli dan Palsu

perhiasan berlian asli

Bagi seorang wanita, perhiasan merupakan aksesoris wajib yang harus mereka miliki. Pasalnya, perhiasan dapat menunjang penampilan wanita sehingga terlihat lebih cantik dan elegan. Salah satu jenis perhiasan yang paling digemari oleh wanita adalah perhiasan berlian. Berlian lebih disukai karena mampu menghadirkan kecantikan yang tidak dimiliki oleh perhiasan lainnya. Namun sayangnya masih banyak beredar perhiasan berlian palsu di pasaran sehingga Anda harus berhati-hati ketika membelinya. Agar tidak tertipu dengan yang palsu, ikuti 6 cara membedakan perhiasan berlian asli di bawah ini:

perhiasan berlian asli
perhiasan berlian asli

Kenali Ciri-ciri Berlian Asli

Sebelum mencoba beberapa cara membedakan berlian asli dengan palsu, Anda perlu mengenali ciri-ciri berlian asli terlebih dahulu. Jika Anda sudah mengenali dan paham dengan ciri-cirinya, maka nantinya Anda akan lebih mudah saat akan membedakannya. Adapun ciri-ciri berlian asli diantaranya yaitu tidak mudah retak, tidak mudah tergores, memantulkan cahaya, pencerminan tidak jelas, tidak bisa berkabut, tidak mudah terbakar, dan tenggelam di dalam air.

Gunakan Loupe Untuk Mengamati Berlian

Setelah mengetahui ciri-ciri perhiasan berlian asli, selanjutnya Anda bisa langsung melakukan pengamatan menggunakan Loupe. Loupe sendiri merupakan alat sejenis kaca pembesar yang biasa digunakan untuk mengamati batu berharga seperti berlian. Alat ini mudah Anda temukan di pasaran karena dijual secara bebas. Setelah mendapatkan Loupe, cobalah amati bagian tepi dari berlian. Berlian asli biasanya memiliki tepi yang tajam, sedangkan berlian palsu memiliki ujung membulat.

Perhatikan Bayangan Berlian

Cara membedakan berlian asli selanjutnya yaitu dengan memperhatikan bayangan dari berlian Anda. Pastikan bahwa berlian Anda memiliki bayangan berwarna abu-abu dan putih. Coba lihat lurus dari atas, apabila terlihat pantulan warna pelangi maka berlian Anda memiliki kualitas rendah atau bahkan palsu. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bantuan senter untuk melihat bayangan berlian. Jika muncul warna pelangi maka berlian Anda tidak bisa dipastikan keasliannya.

Lakukan Fog Test

Fog test bisa juga disebut dengan uji tes embun. Fog test paling banyak dilakukan ketika memilih berlian karena dianggap mudah untuk dilakukan. Cara melakukan fog test yaitu dengan menghembuskan napas pada berlian seperti ketika menghembuskan napas ke arah cermin. Berlian asli tidak bisa berkabut sehingga jika dilakukan fog test maka kabut hasil dari napas Anda akan langsung hilang. Sebaliknya, kabut dari napas Anda akan bertahan lama pada berlian palsu.

Uji Keterbiasan (Refractivity) dengan Buku

Berlian asli mampu membelokkan atau membias cahaya sehingga memiliki penampilan yang sangat terang. Lakukan uji keterbiasan menggunakan buku atau koran untuk melihat apakah berlian Anda asli atau palsu. Caranya sangat mudah, letakkan berlian di atas buku atau koran. Perhatikan tulisan yang ada di buku tersebut. Jika garis hitam pada tulisan terlihat maka berlian Anda adalah berlian palsu. Sifat berlian yang mampu membelokkan cahaya membuat tulisan yang ada di buku seharusnya tidak terlihat sama sekali.

Lihat Sertifikat yang Dimiliki

Berlian asli pasti memiliki sertifikat khusus yang menyebutkan bahwa berlian tersebut memang asli. Sertifikat didapatkan setelah pengujian sehingga keasliannya terjamin. Pastikan bahwa berlian Anda memiliki sertifikat dari otoritas penilaian seperti GIA, LGP, AGSL, atau PGGL.

Itulah 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk menguji keaslian sebuah perhiasan berlian. Seperti yang Anda ketahui bahwa perhiasan berlian memiliki harga yang tidak murah, jadi menguji keaslian berlian wajib dilakukan. Selain dengan melakukan hal-hal di atas, Anda juga bisa mendapatkan perhiasan berlian asli dari Mondial. Ada banyak koleksi perhiasan berlian yang bisa Anda pilih, mulai dari cincin, kalung, dan lain sebagainya. Kunjungi websitenya langsung di www.mondialjeweler.com.