Idenya Mac Gyver

6 Manfaat Tantrum Pada Anak Yang Perlu Bunda Ketahui

tantrum pada anak

Banyak sekali orang tua yang merasa khawatir ketika anak mengalami tantrum. Tapi ternyata tantrum pada anak juga dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan dan juga mental anak.  Keadaan ini juga dapat melatih bunda untuk lebih sabar dalam mengahadapi prilaku anak. 

Berikut ini beberapa manfaat ketika anak mengalami tantrum

tantrum pada anak
tantrum pada anak

1.Melepaskan emosi dan stres

Pada saat anak melepaskan emosi dengan menangis ia juga mengeluarkan hormone kortisol atau hormon stress dalam tubuhnya. Air mata juga membantu menurunkan tekanan darah dan juga menenangkan perasaannya, sehingga setelah tantrum. Jadi pada saat tantrum biarkan ia menangis hingga tantrumnya mereda tanpa mengganggu prosesnya.

2. Menangis dapt membantu anak belajar

Seorang anak yang berjuang dan mengekspresikan rasa frustasinya, sebenarnya mereka membantu dirinya sendiri untuk menjernihkan fikiran sehingga anak dapat belajar sesuatu yang baru.

3. Anak belajar menerima kata “tidak” 

Alasan anak bersikap tantrum pada dasarnya karena keinginan mereka yang tidak terpenuhi, namun dengan berkata “tidak” akan memberikan batasan yang jelas terhadap perilaku anak yang bisa diterima dan juga yang tidak bisa diterima. Disini anak akan mulai memahami bagaimana harus bereaksi dengan benar untuk bisa menerima kata “tidak”.

4. Dapat mempererat hubungan anak dan orang tuanya

Pada saat anak sedang tantrum hendaknya sebagai orang tua  jangan menyuruh SI kecil menjauhi anda bahkan memarahi anak. Tetapi berbicaralah dengan lemah lembut dan tawarkan pelukan. Hal tersebut lebih baik dan dapat menenangkan SI Kecil. Dengan begitu setelah selesai tantrumnya ia akan jauh lebih dekat dengan Anda.

5. Tidur anak jadi lebih nyenyak

Di Usia batita seorang anak belum dapat mengungkapkan emosinya dengan tepat. Tantrum merupakan salah satu cara anak untuk menyalurkan emosinya. Saat anak selesai dari tantrumnya ia akan kembali menjadi tenang dan hal ini juga akan dapat membantu anak tidur lebih nyenyak di malam hari.

6. Tantrum dapat menyembuhkan orang tua

Disaat  tantrum terjadi pada anak, sebagai orang tua dapat mengingatkan kita bagaimana kita diperlakukan, yang bahkan mungkin tanpa kita sadari. Dengan mengasuh anak bisa menjadi jalan penyembuh bagi tantangan emosional diri kita sendiri, ketika kita mendapat dukungan dan kesempatan untuk mendengarkan diri kita sendiri.

Nah, Bunda tantrum pada anak tidak buruk bahkan banyak manfaat yang bisa didapat. Oleh karena itu bersikap bijaklah dalam menghadapi tantrum pada anak.