Idenya Mac Gyver

Tips Gadai BPKB Mobil Secara Aman

Menggadaikan kendaraan, baik motor maupun mobil saat ini sudah sangat umum dilakukan oleh banyak orang. Tentu saja hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan dana dalam waktu yang singkat. Apalagi zaman sekarang ini terdapat sistem gadai secara online yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat gadai BPKB mobil yang tepat jika kamu sedang membutuhkan dana dalam waktu yang singkat.

Dengan menggunakan sistem gadai, tentu merupakan salah satu alternatif yang cukup menarik. Selain lebih aman, kamu masih bisa menggunakan kendaraan yang kamu gadai, karena kendaraan tidak berpindah tangan dan bahkan semua barang gadai umumnya akan diasuransikan termasuk BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor).

Selain itu, terdapat kelebihan lain jika kamu menggadaikan BPKB mobil. Bagi nasabah yang akan menggadaikan BPKB mobilnya akan diberikan tenor yang lebih lama daripada tenor gadai barang lainnya. Tenor yang diberikan yaitu selama 3 tahun dan juga didasarkan asa kekeluargaan. Transaksi seperti ini tentunya tidak akan merugikan salah satu pihak. Dana juga lebih cepat cair dan pengecekan keaslian BPKB juga hanya akan menghabiskan waktu selama 3 hari kerja saja.

Tempat Gadai BPKB Mobil
Tempat Gadai BPKB Mobil

Namun, jangan sampai kamu salah memilih tempat gadai BPKB mobil karena hal tersebut bisa berakibat fatal sehingga menyebabkan kerugian pada pihak nasabah. Pilihlah lembaga pembiayaan yang menawarkan bunga yang kompetitif dan juga lembaga pembiayaan yang memberikan asuransi pada barang yang digadaikan.

Lembaga pembiayaan yang baik juga harus bisa memudahkan nasabahnya. Salah satunya yaitu memudahkan metode pembayarannya seperti melayani pembayaran angsuran dengan melalui ATM. Dan, harusnya suatu lembaga pembiayaan juga harus memiliki surat izin resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga dapat memiliki kepercayaan lebih dari para nasabah dan transaksi yang akan dilakukan pun lebih aman.

Cara Menggadaikan BPKB Mobil Secara Aman

1.Tujuan Menggadai

Mungkin kamu sudah tidak heran lagi dengan adanya orang yang rela menggadaikan kendaraannya hanya untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya saja. Tentu saja hal ini bukan hal yang bermanfaat.

Tentu hal seperti ini harus bisa kamu tahan karena bisa berujung pada terjerat utang yang bisa saja semakin sulit untuk dilunasi. Maka dari itu kamu harus memiliki alasan yang tepat dan bermanfaat sebelum menggadaikan BPKB mobil.

2. Pahami Produk Pinjaman

Selanjutnya kamu harus memahami produk pinjaman yang diberikan. Ketahui berapa jumlah angsuran yang harus kamu bayar tiap bulannya. Hal tersebut perlu diperhatikan karena jumlah angsuran dan jumlah uang yang dipinjam akan berpengaruh pada pelunasan cicilan.

Maka setidaknya kamu harus mencari lembaga pembiayaan yang memberikan bunga dibawah 30%, jika bunga lebih besar dari itu sudah dapat dipastikan kamu akan mengalami kesulitan melunasinya di kemudian hari.

3. Pelajari Kebijakan yang Diberikan

Kamu juga harus memahami dan mempelajari dengan baik segala kebijakan yang diberikan oleh perusahaan. Kebijakan dalam hal ini bisa berupa denda yang diberikan jika telat membayar cicilan. Tentu hal ini juga penting untuk diperhatikan karena setiap lembaga pembiayaan memiliki kebijakannya masing-masing.

4. Bayar Tepat Waktu

Dan yang terakhir yaitu kamu harus mengusahakan untuk tepat waktu dalam membayar cicilan. Usahakan agar tidak terkena denda atau penalty, tentu saja satu-satunya cara agar terhindar dari denda atau sanksi yaitu jangan sampai telat membayar jika sudah jatuh tempo. 

Jika kamu tidak bisa mengembalikan dana pinjaman yang diberikan dari tempat gadai BPKB mobil yang kamu ajukan, maka BPKB yang kamu gadaikan akan disita atau bahkan bisa berujung di pengadilan.