Alasan Mahasiswa Tinggal di Alam Sutera Apartemen

Jika Anda bersiap untuk menempuh pendidikan ke perguruan tinggi, salah satu hal terpenting yang harus Anda putuskan adalah di mana Anda akan tinggal. Meskipun tinggal di asrama kampus memiliki keuntungan tertentu, memiliki apartemen sendiri seperti di Alam Sutera apartemen mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Saat Anda mencoba untuk memilih antara kehidupan apartemen dan kehidupan asrama, menimbang pro dan kontra dari kedua hal tersebut dapat membantu Anda membuat keputusan yang cerdas.

Ruang Kecil

Privasi bisa sulit didapat saat Anda tinggal di asrama, terutama saat Anda berbagi ruang yang relatif kecil dengan satu atau lebih teman sekamar. Jika Anda terbiasa memiliki kamar sendiri, tinggal di asrama bisa menjadi penyesuaian yang besar.

Salah satu keuntungan terbesar dari memilih apartemen adalah Anda tidak perlu khawatir mengorbankan privasi Anda. Juga lebih mudah untuk berkonsentrasi pada studi Anda ketika Anda tidak memiliki orang yang terus-menerus keluar masuk. 

alam sutera apartemen
alam sutera apartemen

Bahkan jika Anda memutuskan untuk memiliki teman sekamar, Anda akan berbagi ruang yang lebih besar dan masing-masing akan memiliki kamar tidur sendiri.

Anda juga akan memiliki kamar mandi sendiri atau kamar mandi yang hanya Anda bagi dengan teman sekamar. Di banyak asrama, Anda akan menemukan diri Anda berbagi toilet dan kamar mandi dengan teman satu lantai.

Merasa Bebas

Tinggal di asrama berarti hidup menurut aturan asrama. Biasanya, ini termasuk pembatasan pada hal-hal seperti seberapa larut Anda dapat menerima pengunjung dan apakah Anda dapat memiliki kebebasan pengunjung dari lawan jenis.

Jika Anda tinggal di Alam Sutera apartemen, Anda harus mematuhi perjanjian sewa, tetapi umumnya tidak ada batasan kapan Anda boleh menerima pengunjung atau siapa yang boleh berkunjung. Anda masih harus meredam kebisingan agar tidak mengganggu tetangga Anda, tetapi Anda tidak perlu khawatir tentang pemilik gedung yang muncul untuk pemeriksaan mendadak.

Harga yang Harus Dibayar

Kamar mencakup semua biaya yang terkait dengan tinggal di asrama, mungkin termasuk makanan, utilitas, akses ke layanan binatu, dan fasilitas lainnya. Sewa apartemen kemungkinan besar tidak menyertakan semua fitur ini.

Anda harus membayar tagihan listrik, akses internet, dan makanan Anda sendiri. Bergantung pada sekolah Anda dan seperti apa pasar perumahan di daerah tersebut, bagaimanapun, menyewa Alam Sutera apartemen sebenarnya bisa lebih murah daripada tinggal di asrama. 

Pertimbangan Penting Lainnya

Meskipun tinggal di apartemen memang memiliki beberapa keuntungan, ada beberapa potensi kerugian yang perlu dipertimbangkan. Jika Anda tidak tinggal dalam jarak berjalan kaki dari kampus, Anda harus memperhitungkan biaya transportasi ke dalam anggaran Anda.

Pemilik rumah juga akan menginginkan uang jaminan dari Anda, biasanya sejumlah uang sewa satu bulan dan Anda harus membayar uang sewa bahkan ketika Anda tidak menempati apartemen selama musim liburan. 

Anda juga harus menyediakan furniture sendiri jika menyewa apartemen, sementara asrama biasanya menyediakan minimal tempat tidur, meja rias, dan meja. Dan jangan lupakan kewajiban tinggal di apartemen.

Anda harus menghabiskan waktu untuk membersihkan, berbelanja makanan, memasak, mengatur pembayaran utilitas dan berbagi biaya secara adil, dan mengurus perbaikan. Ini semua diambil dari waktu studi Anda.

Keamanan juga bisa menjadi masalah, asrama biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan yang memerlukan kartu identitas khusus untuk mendapatkan akses.

Ini mungkin tidak terjadi pada kompleks apartemen. Anda juga perlu mempertimbangkan aspek sosial. Tinggal di asrama mungkin menawarkan lebih banyak kesempatan untuk bertemu orang baru dan berinteraksi dengan teman-teman Anda.

Artikel yang Direkomendasikan